Latest News

Contoh Kop Surat Dan Cara Membuat Kop Surat

Contoh Kop Surat | Cara Membuat Kop Surat | Contoh Kop Surat Perusahaan | Kop Surat merupakan salah satu bagian terpenting dalam penulisan surat.  Entah itu surat resmi atau pun surat dinas. Kop surat atau yang sering disebut kepala surat menunjukkan dari instasi atau lembaga mana surat tersebut dibuat. Nah, jika saat ini anda sedang membutuhkan contoh kop surat untuk perusahaan anda ataupun untuk instansi tertentu maka di dalam blog ini akan kami bahas mengenai Kop Surat.

Nah, yang aka kami bahas disini yaitu mengenai apa itu kop surat, bagaimana cara membuat kop surat , hingga contoh kop surat itu sendiri. Harapan kami semoga apa yang kami sampaikan di blog ini dapat membantu anda yang mungkin sedang membutuhkannya. Saran dan kritik sangat kami harapkan untuk perbaikan apa apa yang kurang dari yang telah kami sampaikan disini.

Bagian Bagian Kop Surat

Dalam kop surat, setidaknya memiliki 5 bagian yang harus dimuat agar penermia surat bisa mengetahui asal surat yang diterima dengan jelas. Kelima bagian dalam kop surat antara lain adalah sebagai berikut :
  • Nama instansi terkait
  • Alamat instansi
  • Nomor telepon, fax, dan email
  • Kode pos wilayah anda
  • Logo instansi
Kelima bagian diatas harus tertera di dalam kop surat. Jangan sampai salah satu dari bagian diatas tidak tercantum, karena bagian bagian tersebut sangat penting keberadaannya.

Pengertian Kop Surat Atau Kepala Surat

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan manakala kita akan membuat kop surat. Nah, sedangkan beberapa aspek yang harus ada dalam kop surat yaitu lambang organisasi, alamat, nomor telepon, nomor kotak pos, alamat email, nomor faksimile, dan alamat kawat (kalau ada). Adapun beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika membuat kop surat yaitu : 
  • Nama instansi/lembaga/perusahan ditulis dengan huruf kapital
  • Gunakanlah huruf kapital pada awal nama instansi, kata jalan, telepon, faksimile, dan kotak pos.
  • Jangan menggunakan bentuk p.o. box atau post office box untuk menuliskan kotak pos, dan jangan menggunakan bentuk cable address untuk menuliskan alamat kawat.
  • Kata telepon dan kotak pos (dan yang lain) diikuti nomor tanpa diikuti tanda titik dua (:)
  • Kepala surat disusun secara runtut dan lengkap.

Nah untuk memperjelas atas apa yang kami sampaikan tadi, maka kami akan memberi beberapa contoh kop surat yang baik dan benar. Contoh kop surat yang akan kami berikan dibawah ini dapat anda gunakan sebagai referensi untuk memudahkan anda dalam membuat kop surat. 

Berikut ini ada beberapa contoh kop surat perusahaan, Contoh kop surat sekolah, dan contoh kop surat resmi : 

Contoh Kop Surat Perusahaan




Contoh Kop Surat Untuk Sekolah



Contoh Kop Surat Untuk Sekolah



Contoh Kop Surat Untuk Lembaga



Contoh Kop Surat Instansi


Itulah sedikit penjelasan mengenai kop surat. Contoh contoh yang telah kami cantumkan diatas kami ambil dari beberapa sumber yang saya cari di internet. Harapan kami apa yang telah kami tuliskan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. 

Jika anda merasa tulisan ini berguna bagi anda maka saya harap anda mau berbagi kepada yang lainnya. Karena pada dasarnya berbagi ilmu yang bermanfaat tidak akan pernah putus amalnya sampai kita mati. Terimakasih : Contoh Kop Surat Dan Cara Membuat Kop Surat

Sumber : www.zonasiswa.com dan badandiklat.jatengprov.go.id
close
Banner iklan disini